Mahasiswa UP 45 Yogyakarta Masuk 5 Besar LKTIM Tingkat Nasional Meenlogy (Mechanical Weekend Technology) Tahun 2016

Home » Mahasiswa UP 45 Yogyakarta Masuk 5 Besar LKTIM Tingkat Nasional Meenlogy (Mechanical Weekend Technology) Tahun 2016
Mahasiswa UP 45 Yogyakarta Masuk 5 Besar LKTIM Tingkat Nasional Meenlogy (Mechanical Weekend Technology) Tahun 2016

 meen-nendri

Perwakilan Mahasiswa UP 45 Yogyakarta dalam Kegiatan LKTIM Tingkat Nasional Meenlogy 2016 (Dari kiri Nendri Irawan, Aurista Dwi Andriana, dan Rinaldy Surya G)

Potensi diri mahasiswa merupakan hal yang perlu dikembangkan melalui metode-metode tertentu. Hal tersebut dapat tercapai jika mahasiswa-mahasiswi dapat menampilkan potensi diri terbaiknya dengan terus menerus mengasah kemampuan dirinya. Perkembangan zaman menuntut potensi diri terbaik dari setiap individu. Sebagai mahasiswa, potensi diri tidak hanya dapat dikembangkan melalui kegiatan yang mendukung hardskill seperti pembelajaran di kampus, namun juga dapat dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan lain yang melatih softskill. Dalam dunia kerja, mental berprestasi sangat dibutuhkan agar selalu siap dalam menghadapi tantangan-tantangan di lingkungan kerja. Salah satu upaya mendorong dan mengasah mental mahasiswa tersebut adalah melalui kompetisi yang dapat diciptakan melalui berbagai macam perlombaan tertentu sesusi bidang yang diminati.

Sebagai upaya menumbuhkan mental berpretasi dan menciptakan mahasiswa unggulan, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP 45) melalui unit Student Character Development UP 45 terus menerus mendukung mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi. Salah satu kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa UP 45 Yogyakarta pada Tahun 2016 adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTIM) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang dengan Tema ”Energi Terbarukan untuk Teknologi Hijau”. Komtesisi karya tulis Meenlogy (Mechanical Weekend Technology) tersebut diperuntukan bagi mahasiswa D3/S1 seluruh Indonesia.

Menurut salah satu perwakilan anggota tim UP 45 Yogyakarta Nendri Irawan, “Kompetisi ini diawali dengan seleksi abstrak dari seluruh mahasiswa se-Indonesia. Kemudian panitia hanya menyeleksi 43 abstrak terbaik dari seluruh perwakilan mahasiswa baik PTN maupun PTS. Tahap selanjutnya yaitu seleksi full paper dan panitia hanya menyeleksi 14 karya tulis terbaik dari seluruh perwakilan mahasiswa.” Dalam perjalannya perwakilan UP 45 Yogyakarta yang beranggotakan mahasiswa jurusan teknik perminyakan atas nama Nendri Irawan, Aurista Dwi Andriana, dan Rinaldy Surya Gumilar berhasil masuk babak akhir dan masuk jajaran 5 besar terbaik LKTIM Meenlogy Tahun 2016. Rinaldy Surya Gumilar setelah mengikuti kompetisi menyatakan jika dengan berpartisipasi dalam ajang tersebut semakin menumbuhkan jiwa kompetitif mahasiswa, dan memacu untuk mengikuti perlombaan tingkat Provinsi, Nasional, maupun Internasional lainnya. Selain itu juga menambah pengalaman dan semakin mengenal mahasiswa atau mahasiswi dari PTN dan PTS lainnya dari seluruh indonesia. ~Amin~A

Leave a Reply

Your email address will not be published.