Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KEGIATAN PPK

KEGIATAN PPK

  • Turunan Program
    • Pelatihan Bahasa Inggris

Pelatihan bahasa inggris ini dimulai sejak semester petama  sampai dengan semester tujuh dengan tema spesifik secara general mengarah pada kompetensi kecakapan bahasa inggris dilingkungan kerja juga untuk memenuhi standar dan syarat administrasi masuk kerja. Peserta dituntut memperkaya kosa kata dalam bahasa inggris dan keaktifan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Pelatihan bahasa inggris ini juga secara khusus dirancang untuk meningkatkan tingkat skor TOEFL peserta.

  • Pelatihan Komputer

Pelatihan komputer di desain mulai dari tahap awal pengoperasian komputer sampai aplikasi komputer office serta berbagai perkembangan keahlian komputer yang diharapkan sebagai penunjang kemampuan dan kualifikasi diri di tempat kerja. Pelatihan Komputer ini juga secara khusus dirancang untuk memberikan keterampilan peserta untuk menguasai software aplikasi di masing-masing bidang kerjanya.

  • Pelatihan Karya Tulis

Pelatihan ini di desain agar peserta memiliki kemampuan dasar menulis hingga akhirnya dapat merumuskan karya tulisnya sendiri. Peserta juga dilatih untuk dapat menulis di media internal maupun eksternal universitas dan ikut serta dalam lomba karya tulis yang ada dalam ruang lingkup peserta sebagai mahasiswa.

  • Pendidikan Karakter

Sebuah program penghargaan bagi anak muda berusia 14-25 tahun dengan tantangan untuk melakukan berbagai kegiatan dimana peserta bisa belajar untuk mengenal diri sendiri, komunitas disekitarnya, bahkan dunia luar. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa menjadi lebih disiplin, jujur, mandiri dan berjiwa sosial.

  • Kapita Selekta Migas

Kapita selekta Migas merupakan satu bentuk perkuliahan secara holistik yang diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan berpikir kritis tentang berbagai hal berkaitan dengan cabang ilmu pengetahuan yang didalami, pengetahuan umum serta penerapan keilmuan yang didapat dibangku kuliah pada industri yang ingin dimasuki. Adapun bentuk kegiatan kapita selekta ini adalah seminar dan diskusi panel dengan berbagai macam tema dan menghadirkan beragam pembicara dari berbagai kalangan.

  • International Petroleum Associaton (IPA)

IPA merupakan sebuah  kegiatan yang diadakan perusahaan-perusahan migas di Indonesia yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan gambaran luas mengenai kondisi nyata perusahaan migas serta peluang yang ada di dalamnya.

  • Magang

Kegiatan ini bertujuan agar peserta dapat mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan. Disi lain peserta dapat menambah wawasan mengenai dunia kerja dan industrialnya serta meningkatkan keahlian dan keterampilan praktek di bidang ilmu yang dihadapi. Kegiatan magang ini juga dirancang untuk dapat menjadi kegiatan yang dapat dijadika sebagai pengganti KKN yang masuk dalam penilaian akademik.

  • Kegiatan Penunjang

Kegiatan pokok diatas akan ditunjang dengan kegiatan lain yang dapat memberikan nilai tambah bagi peserta untuk dapat lebih mudah masuk ke dunia kerja. Adapun kegiatan penunjang tersebut diantaranya pelatihan tambahan dalam bagi pengembangan karakter peserta yang disiapkan oleh SCD ataupun keikutsertaan dalam lomba – lomba eksternal khususnya yang ada dibawah KemenRISTEKDIKTI dengan bimbingan yang disediakan.

  • Waktu Pelaksanaan

Program Pelaksanaan Program dilaksanakan selama 7 (Tujuh) Semester dengan penyesuaian waktu yang di lakukan pada masing – masing kegiatannya.  Pelaksanaan turunan program di bagi ke dalam bentuk kegiatan rutin (Mingguan) dan kegiatan periodik ( Tahunan, Semesteran, atau Bulanan).

  • Evaluasi Program

Evaluasi Program dilakukan setiap semester dengan melihat indikator keberhasilan dari setiap turunan program beserta penilaian Indeks Prestasi Komulatif Akademik Peserta.